Sri Wahyuni, Eka dan Tarmini, Wini dan Safii, Imam (2020) Peningkatan kemampuan berbicara melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sukarapih 03 kecamatan Tambelang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.
Preview |
Text
SPS_INDONESIA_1809057010_EKA SRI WAHYUNI.pdf Download (618kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pembelajaran berbicara siswa melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sukarapih 03 Kecamatan Tambelang, meningkatkan kemampuan berbicara melalui melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sukarapih 03 Kecamatan Tambelang. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Melalui media gambar
seri dapat mengetahui proses pembelajaran berbicara melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sukarapih 03 Kecamatan Tambelang , Melalui media gambar seri dapat meningkatkan hasil kemampuan berbicara melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Sukarapih 03 Kecamatan Tambelang. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 23 orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Dilihat dari ketercapaian kemampuan berbicara siswa dalam Prapenelitian adalah hasil pencapaian siswa dalam berbicara menggunakan kalimat yang lengkap masih sangat rendah dan belum memenuhi nilai KKM yaitu 67. Secara individu masih ada sekitar 12 siswa dari 23 siswa yang belum mencapai nilai KKM, maka penelitia dilakukan dengan menggunakan media gambar seri agar kemampuan berbicara siswa lebih meningkat.Berdasarkan hasil penelitian siklus I, kemampuan berbicara siswa sudah melampaui KKM yaitu 93, karena siswa ketika maju kedepan untuk berbicara terbantu dengan gambar yang ditempel di papan tulis, namun masih ada sekitar 4 siswa yang belum berhasil melampaui nilai KKM, serta untuk memastikan pencapaian ini bukanlah hal yang kebetulan, maka peneliti memutuskan untuk melanjutkan ketindakan ke Siklus II. Berdasarkan Observasi siklus II hasil perolehan tes kelancaran berbicara siswa meningkat menjadi 97, begitu juga kemampuan berbicara siswa menggunakan artikulasi yang jelas, meningkat menjadi 96 dan pencapaian siswa dalam berbicara menggunakan kalimat yang lengkap juga meningkat menjadi 96. Hanya tersisa 2 siswa yang belum berhasil mencapai nilai KKM, hasil penelitian di Siklus II menunjukan adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa dan hal ini terjadi bukan karena kebetulan semata, namun karena proses serta ketepatan guru dalam memilih
media pembelajaran yang mudah, murah dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berbicara, media gambar, Kemampuan Berbicara, proses pembelajaran |
Subjects: | A General Works |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | libsps libsps libsps |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 08:50 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 08:50 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15757 |
Actions (login required)
View Item |