Representasi Suami Idaman Dalam Budaya Indonesia (Analisis Wacana Norman Fairclough Terhadap Film The Perfect Husband Karya Rudi Aryanto)

Anggraini, Agustina dan Wahdiyati, Dini dan Corliana, Tellys (2018) Representasi Suami Idaman Dalam Budaya Indonesia (Analisis Wacana Norman Fairclough Terhadap Film The Perfect Husband Karya Rudi Aryanto). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_ AGUSTINA ANGGRAINI_1406015006.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_ AGUSTINA ANGGRAINI_1406015006.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia konsep suami idaman sangat dipengaruhi oleh nilai kultural.Dengan banyaknya suku, budaya dan ras, maka gambaran tentang suami ideal sangat beragam. Selain itu, kini suami idaman dipengaruhi oleh media massa, seperti majalah, film, dan televise.Penelitian ini membahas tentang suami idaman dalam film The Perfect Husband dan ideologi patriarki yang melatarbelakangi representasi suami idaman dalam film tersebut. Peneliti menggunakan paradigma kritis untuk membongkar cara ideologi patriarki melatarbelakangi representasi suami idaman dalam film The Perfect Husband. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan metode analisis wacana diskursus Norman Fairclough.Teori yang digunakan adalah teori sudut pandang (standpoint) dan teori representasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kategori yang melatarbelakangi representasi suami idaman, yaitu latar belakang pendidikan, keluarga, profesi, penampilan dan fisik, serta karakter sebagai suami idaman. Penelitian ini pun menemukan bahwa ideologi patriarki masih melekat pada pemikiran masyarakat Indonesia.Hal ini sampai pada fakta bahwa representasi suami idaman dalam film The Perfect Husband.Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan Analisis Wacana Teun A Van Djick dan teori feminisme.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:57
Last Modified: 30 Jun 2022 04:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15587

Actions (login required)

View Item View Item