Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDI Ramah Anak

Zaki, Fauzan Ismu dan Sukardi, Sukardi (2020) Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDI Ramah Anak. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025266_FAUZAN ISMU ZAKI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025266_FAUZAN ISMU ZAKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui adanya Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDI Ramah Anak tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment dengan Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang akan digunakan ini adalah kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV D sebagai kelas kontrol. Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi point biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 34 soal yang terbukti valid dan 6 soal yang terbukti drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung 0,913 ≥ Rtabel 0,361, sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen hasil belajar IPS telah dikatakan “Reliabel. Uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan Uji Fisher. Dari hasil belajar IPS pada kelas kontrol kondisi Post-test
diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 0,1933 > 0.1062. dan di kelas Eksperimen pada kondisi Post-test diperoleh Fhitung > Ftabel 0,1933 > 0,1212 dengan n = 21 dan taraf signifikan a = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa dari kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas didapat diperoleh Fhitung untuk Post-test = 2,124 Ftabel = 1.612 dan taraf signifikan a = 0,05. Karena hasil perhitungan Post-test Fhitung > Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa sampel tersebut adalah homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa Thitung> Ttabel= 2,926 > 2,021 pada taraf signifikan a = 0,05 dan derajat kebebasan (DK) = 40 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh metode Scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDI Ramah Anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 09:57
Last Modified: 29 Jun 2022 09:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15527

Actions (login required)

View Item View Item