Muntazah, Afwah dan Nurafni, Nurafni (2020) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal cerita penjumlahan materi pecahan Pada Siswa Kelas 4 MI DARUL MU`MININ. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PGSD_1601025223_AFWAH MUNTAZAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kesulitan dalam pemahaman konsep (2) kesulitan dalam keterampilan berhitung (3) kesulitan dalam pemecahan masalah, penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Mu`minin. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data melalui angket, tes dan wawancara terhadap 13 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes angket kesulitan belajar 14 pernyataan. Hasil tes angket dikategorikan berdasarkan kesulitan pemahaman konsep, keterampilan berhitung, pemecahan masalah, faktor eksternal dan faktor internal. Setelah mendapatkan hasil angket, siswa diberikan soal tes yang terdiri dari 6 soal dan wawancara. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengamati, mencatat, dan menganalisis Kesulitan Belajar soal cerita penjumlahan materi pecahan pada siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Darul Mu`minin. Wawancara yang dilakukan melibatkan beberapa informan diantaranya guru kelas dan siswa, dengan menggunakan angket sebagai acuan untuk informasi. Dokumentasi mengumpulkan data berupa arsip dan video melalui whats up video call selama penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pemecahan masalah yang digunakan siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Darul Mu`minin dalam menyelesaikan soal cerita matematika penjumlahan materi pecahan siswa mengalami kesulitan belajar matematika. Dari hasil tes soal cerita matematika penjumlahan materi pecahan siswa kelas 4 Madrasah Ibtidiyah Darul Mu`minin yang berjumlah 13 orang siswa, mendapatkan hasil 8 orang siswa yang mendapatkan nilai terkecil, 3 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Maka kesimpulannya dari hasil penelitian angket, tes dan wawancara, menunjukan bahwa S6 mengalami kesulitan dalm keterampilan berhitung, S10 mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah dan S11 mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah. Jadi 3 orang anak laki-laki yang mengalami kesulitan belajar matematika
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 04:11 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 04:11 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15369 |
Actions (login required)
View Item |