Hubungan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Akhlak Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Jakarta

Ahmadin, Ahmadin dan Fahmi, Ari Khairurrijal (2017) Hubungan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Akhlak Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of Fai_Pendidikan Agama Islam_ 1307015004_ Ahmadin.pdf]
Preview
Text
Fai_Pendidikan Agama Islam_ 1307015004_ Ahmadin.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Akhlak Bagi Para Remaja Khususnya Siswa SMP Merupakan Permasalahan Yang Harus Ditangani Secara Serius. Anak Yang Tidak Memiliki Dasar Agama Atau Akidah Islam Sejak Kecil Mudah Terjerumus Ke Dalam Perbuatan Dosa Dan Maksiat. Untuk Mengatasi Hal Tersebut Salah Satu Cara Yang Dilakukan Adalah Dengan Belajar Pendidikan Agama Islam, Meningkatkan Pembinaan Dalam Pembentukan Akhlak Remaja, Dan Diharapkan Dapat Mengimplementasikan Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Penelitian Ini Menggunakan Metode Kuantitatif, Karena Ingin Mengetahui Tingkat Hubungan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Akhlak Siswa. Populasi Yang Digunakan Adalah Siswa Kelas VIII-1 Dan VIII-2 Di SMP Muhammadiyah 9 Jakarta. Untuk Pengambilan Data Menggunakan Sampel Jenuh Karena Populasinya Berjumlah 33 Siswa Dari Dua Kelas. Instrumen Yang Digunakan Pada Penelitian Ini Menggunakan Raport Siswa Sebagai Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Sedangkan Untuk Akhlak Menggunakan Kuesioner Dengan Model Skala Likert. Kuesioner Diberikan Kepada Sampel Yang Berjumlah 33 Siswa. Untuk Pengujian Data Penulis Menggunakan Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Alat Bantu Statistik Yaitu SPSS Versi 23.0. Data Yang Diperoleh Kemudian Dianalisa Dengan Menggunakan Korelasi Person Product Moment Untuk Mengetahui Tingkat Hubungan Antara Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Akhlak Siswa. Hasil Penelitian Dengan Menggunakan Korelasi Person Product Moment Diperoleh R Hitung = 0,12, R Tabel = 0,2913 Dengan Dk = 31 Dan Perhitungan Coefficient Of Determination Diperoleh Nilai Koefisien Determinasi Sebesar 1,44% Dan Hasil T Hitung = 0,66. Hasil Penelitian Ini Menunjukan Bahwa Adanya Hubungan Yang Cukup Signifikan Antara Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Akhlak Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Jakarta. Sehingga Dapat Dismpulkan Bahawa Akhlak Siswa Tidak Ditentukan Oleh Besar Kecilnya Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Tersebut

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:35
Last Modified: 28 Jun 2022 03:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item