Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan

Rivaldy, Angga dan Amirullah, Gufron dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125008_ANGGA RIVALDY.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125008_ANGGA RIVALDY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan kepada siswa kelas X SMA Budhi Warman 2 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 8 soal uraian atau essay dengan 7 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus dari Sugiyono memperoleh rhitung=0,6105, maka tingkat reliabilitasnya tinggi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji chi kuadrat dengan ketentuan X2hitung<X20,99(3), kelompok eksperimen diperoleh 4,62<11,3 dan kelompok kontrol 10,55<11,3 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji f diperoleh fhitung1,01<ftabel2,38 maka data dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t diperoleh thitung 5,75>ttabel 2,390 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Budhi Warman 2 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:30
Last Modified: 27 Jun 2022 07:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15333

Actions (login required)

View Item View Item