Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary)

Pujiati, Agnes Avriani dan Akbar, Budhi dan Luthpi Safahi, Luthpi (2019) Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125002_AGNES AVRIANI PUJIATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125002_AGNES AVRIANI PUJIATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROPES terhadap keterampilan proses sains (KPS). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 39 Jakarta pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah Posttest Only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 280 siswa dengan sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Prosedur dari penelitian terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis pilihan ganda terdiri 30 butir soal dalam materi ekosistem kelas X yang dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan proses sains. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,28, sedangkan nilai siswa kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,06. Uji hipotesis menggunakan uji t-test polled varian dengan taraf signifikasi a=1% diperoleh thitung=10,79>ttabel=2,38 karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ROPES berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X MIPA SMA Negeri 39 Jakarta pada pokok bahasan ekosistem.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:20
Last Modified: 27 Jun 2022 07:20
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15331

Actions (login required)

View Item View Item