Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Supermarket Tip Top Ciputat, Tangerang Selatan

Dini, Alifia Prima dan Supendi, Moh (2020) Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Supermarket Tip Top Ciputat, Tangerang Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN EKONOMI_1601085032_ALIFIA PRIMA DINI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN EKONOMI_1601085032_ALIFIA PRIMA DINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya penerapan strategi bauran pemasaran yang dilakukan pada Supermarket Tip Top Ciputat menggunakan konsep bauran pemasaran 7P. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Peneliti melakukan penelitian yang diperoleh bahwa Supermarket Tip Top Ciputat telah menerapkan fokus penelitian strategi bauran pemasaran dengan sub fokus 7P (product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence). Hasil penelitian dari strategi produk di dapati bahwa dalam pemilihan jenis produk harus disesuaikan dengan izin BPOM dari masing-masing skala perusahaan. Maka produk yang dijual merupakan produk yang telah berhasil bersaing dan memiliki brand, sehingga Supermarket Tip Top tidak memproduksi produk sendiri. Hasil penelitian dari strategi harga menunjukkan bahwa dalam menetapkan harga yang menentukan langsung dari bagian finance kantor pusat, sedangkan kantor cabang hanya menerima list harga yang siap dijual. Hasil penelitian dari strategi ditribusi sangat diperhatikan sekali dalam pemilihan supplier yang bisa masuk ke gudang supermarket, apakah produk yang dijual halal dan mampu bekerjasama dengan prinsip islami. Dalam hal mempromosikan menggunakan sosial media yang telah disediakan dan tidak melakukan periklanan yang disebabkan hanya tersebar luas di JABODETABEK. Dengan memiliki hubungan baik dengan masyarakat, konsumen dan karyawan membuat mereka loyal dan mampu memberikan kepercayaan penuh terhadap Supermarket Tip Top. Sehingga dalam strategi proses menunjukkan dalam menghadapi pendatang baru supermarket tetap mengutamakan pelayanan kepada konsumen serta membuat inovasi baru. Maka dari itu, strategi bukti fisik yang ditampilkan sangat menonjolkan berbagai ciri khas Supermarket Tip Top. Pada hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Supermarket Tip Top Ciputat telah menerapkan strategi bauran pemasaran dengan baik yang selalu memberikan pelayanan ekstra untuk berbagai pihak baik manusia maupun barang/produk. Hanya saja dalam menetapkan harga dinilai tidak transparan bagi kantor cabang sehingga cabang hanya mengikuti instruksi yang sudah diberikan dari kantor pusat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:58
Last Modified: 24 Jun 2022 04:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15192

Actions (login required)

View Item View Item