RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN ANIMASI 3D PADA PERISTIWA HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 1945

Komalasari, Desi (2018) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN ANIMASI 3D PADA PERISTIWA HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 1945. Bachelor thesis, Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of digital_7984-eSTI-2018020 Desi Komalasari.pdf]
Preview
Text
digital_7984-eSTI-2018020 Desi Komalasari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya metode belajar animasi seperti peristiwa sejarah ini sangat dibutuhkan untuk kalangan siswa sekolah dasar. Metode ini lebih menarik dipelajari oleh siswa, karena berisi animasi yang tentu disukai oleh anak-anak, apalagi jika metode ini belum pernah digunakan di sekolah tentunya akan lebih menarik dan lebih mudah dimengerti terutama pada pelajaran sejarah yang biasanya sangat membosankan. Metode yang digunakan dalam pembuatan video animasi 3D ini adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle), karena metode ini cocok untuk pengembangan sistem berbasis multimedia yang mempunyai enam tahapan, yaitu concept (konsep), design (desain), material collecting (pengumpulan materi), assembly (penyusunan dan pembuatan), testing (uji coba) dan distribution (menyebarluaskan). Pembuatan Video animasi 3D ini menggunakan Sketchup, Blender dan Adobe Premiere. Animasi 3D sebagai media pembelajaran ini memberikan kemudahan pada guru dalam menyampaikan materi mengenai peristiwa hari pahlawan 10 November 1945 dan memberikan kesan menarik kepada siswa sekolah dasar. Berdasarkan dari hasil persentase sebelum adanya aplikasi animasi 3D sebesar 35,31% dan sesudah adanya aplikasi animasi 3D sebesar 88,13%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: libft libft libft
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:48
Last Modified: 01 Nov 2022 07:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15086

Actions (login required)

View Item View Item