Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

Irnawati, Uvi dan Azhar, Ervin (2020) Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105150_UVI IRNAWATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105150_UVI IRNAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian kuis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di SMP Negeri 2 Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bogor pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 50 siswa dari kelas VII-D dan VII-G. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 10 soal. Uji validitas dengan menggunakan validitas logis, dimana kevalidan instrumen yang diuji sudah berdasarkan indikator dan sudah diuji oleh 4 ahli, sehingga instrumen sudah dinyatakan valid secara logis. Uji persyaratan yang dilakukan yaitu uji normalitas, kemudian diperoleh data yang tidak berdistribusi normal dari kelas eksperimen dan kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney menghasilkan Zhitung =-2,09 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikasi 5% dengan effect size sebesar 0,472 yang tergolong sedang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian kuis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:29
Last Modified: 25 Jun 2022 05:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15072

Actions (login required)

View Item View Item