Pertiwi, Annis dan Wahidin, Wahidin (2020) Analisis Buku Teks Matematika Kelas VIII Berdasarkan Trends In International Mathematics And Science Study (TIMSS) 2019 Mathematics Framework. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105143_ANNIS PERTIWI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku teks matematika kelas VIII dengan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2019 Mathematics Framework. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik analisis konten. Data yang digunakan berupa buku teks matematika kelas VIII. Pada analisis buku teks peneliti menggunakan tiga buah buku teks, yakni dari Penerbit Erlangga, Yudhistira, dan Kemendikbud. Analisis yang dilakukan yakni analisis domain konten dan domain pengetahuan berdasarkan TIMSS 2019 Mathematics Framework. Pada domain konten terdapat konten bilangan, aljabar,
geometri, dan data dan peluang. Sedangkan domain pengetahuan terdapat aspek pemahaman, penerapan, dan penalaran. Di dalam buku Penerbit Erlangga hanya 2 dari 4 buah konten yang terdapat pada TIMSS, sedangkan domain pengetahuan yang sesuai sebanyak 2 dari 3 aspek. Buku Yudhistira 2 dari 4 buah konten yang terdapat pada TIMSS, sedangkan domain pengetahuan yang sesuai sebanyak 1 dari 3 aspek. Buku Kemendikbud 1 dari 4 buah konten yang terdapat pada TIMSS, sedangkan domain pengetahuan yang sesuai sebanyak 1 dari 3 aspek. Sehingga ketiga buku teks matematika kelas VIII secara kesseluruhan masih belum sesuai dengan TIMSS 2019 Mathematics Framework.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > QA Mathematics Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 05:29 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 08:21 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15068 |
Actions (login required)
View Item |