Penggunaan Online Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Segiempat dan Segitiga Melalui Model Inquiry Learning Berbasis LKPD Kelas VII SMP PGRI 7 Jakarta

Anishawati, Rini dan Soro, Slamet (2020) Penggunaan Online Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Segiempat dan Segitiga Melalui Model Inquiry Learning Berbasis LKPD Kelas VII SMP PGRI 7 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105130_RINI ANISHAWATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105130_RINI ANISHAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik materi segiempat dan segitiga melalui model inquiry learning berbasis LKPD Kelas VII SMP PGRI 7 Jakarta. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin melalui empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-1 SMP PGRI 7 Jakarta tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 22 peserta didik, terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan.
Hasil belajar pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 51,36 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 13,64%. Berdasarkan tes evaluasi pada penelitian siklus pertama diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 53,72 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 45,45%. Pada penelitian siklus kedua diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 76,95 dengan persentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal 81,82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model inquiry learning berbasis LKPD dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik materi segiempat dan segitiga kelas VII-1 SMP PGRI 7 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:30
Last Modified: 01 Jul 2022 08:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15064

Actions (login required)

View Item View Item