Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis LKS Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Pratiwi, Sukma dan Awalludin, Subhan Ajiz (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis LKS Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105118_SUKMA PRATIWI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105118_SUKMA PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbasis LKS terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMP Negeri 227 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasy Experimental dengan tipe The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup siswa kelas VII SMP Negeri 227 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 62 siswa dari kelas VII-A dan VII-D. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 7 soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMP Negeri 124 Jakarta dengan 24 siswa. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas, kemudian diperoleh data berdistribusi normal dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji Komparatif Dua Sampel menghasilkan thit=2,363 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikasi 5% dengan effect Size sebesar 0,66 yang tergolong sedang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbasis LKS terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMP Negeri 227 yang tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:31
Last Modified: 25 Jun 2022 05:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15003

Actions (login required)

View Item View Item