Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Self-Efficacy Siswa Kelas VII Pada Materi Segiempat Dan Segitiga

Sahara, Mayasari Alawia dan Jusra, Hella (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Self-Efficacy Siswa Kelas VII Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105117_MAYASARI ALAWIA SAHARA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105117_MAYASARI ALAWIA SAHARA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa serta untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan self-efficacy siswa pada materi segiempat dan segitiga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis korelasi dimana akan menganalisis hubungan dua variabel yaitu kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sequential sampling. Selanjutnya, data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-smirnov diperoleh nilai signifikansi 0,200 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan uji linearitas diperoleh nilai signifikansi 0,438 > 0,05 maka terdapat hubungan yang linear antara kedua variabel. Pada uji hipotesis digunakan uji korelasi product moment Pearson diperoleh nilai angka signifikansi yaitu 0,016 dan nilai koefisisen korelasi yaitu 0,275. Karena angka signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa kelas VII pada materi segiempat dan segitiga di SMP Negeri 160 Jakarta. Nilai koefisisen korelasi yaitu 0,275 yang berarti bahwa hubungan antara keduanya rendah. Hasil tes tertulis dan wawancara pada enam orang subjek menunjukkan bahwa subjek kemampuan tinggi mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan langkah pemecahan masalah yang tepat sehingga memenuhi keempat indicator kemampuan pemecahan masalah. Subjek kemampuan sedang mampu menyelesaikan soal dengan menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah namun belum tepat karena subjek tidak sepenuhnya memahami masalah, sehingga terjadi kesalahan dalam menyelesaikan soal. Sedangkan subjek kemampuan rendah belum mampu menyelesaikan soal dengan langkah-langkah pemecahan masalah dengan tepat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:31
Last Modified: 25 Jun 2022 05:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14998

Actions (login required)

View Item View Item