Pengembangan Aplikasi KALBARU Berbasis Komputer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di MTs. Raudhatul Muta’allimin

Maulidiati, Dini Nur dan Nurafni, Nurafni (2020) Pengembangan Aplikasi KALBARU Berbasis Komputer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di MTs. Raudhatul Muta’allimin. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105106_DINI NUR MAULIDIATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105106_DINI NUR MAULIDIATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs. Raudhatul Muta’allimin tentang pengembangan media pembelajaran berbasis komputer pada materi bangun ruang sisi datar yang dilatarbelakangi oleh masih minimnya komputer digunakan sebagai media
pembelajaran serta kurangnya minat belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran pada proses belajar berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis komputer melalui studi kelayakan produk sebagai media pembelajaran serta mengetahui keefektifan pemanfaatan aplikasi yang dinamakan “KALBARU”. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang mengacu pada model pengembangan
ADDIE yang memiliki 5 tahap, yaitu 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan Produk), 4) Implementation (Tahap Penerapan), dan 5) Evaluations (Tahap Evaluasi). Validasi dilakukan oleh dosen ahli materi yang
terdiri dari 4 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Media yang dikembangkan diuji coba kepada 23 peserta didik kelas VIII C MTs. Raudhatul Muta’allimin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi KALBARU berbasis komputer sebagai
media pembelajaran matematika kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian (1) ahli materi dengan rata-rata persentase sebesar 82,08% kategori Sangat Baik; (2) penilaian ahli media dengan rata-rata persentase sebesar 87,50% kategori Sangat Baik; dan (3) uji coba publik menunjukkan rata-rata persentase sebesar 86,14% dengan kategori Sangat Baik. Aplikasi KALBARU dapat digunakan sebagai pembelajaran matematika pada materi bangun ruang serta memiliki keunggulan, yaitu terdapat materi bangun ruang sisi datar, mudah diaktifkan pada komputer berbasis Windows, dapat dijalankan pada semua versi Windows, kapasitas aplikasi tidak besar, mudah digunakan, di dalamnya terdapat menu materi, kuis, dan kalkulator khusus bangun ruang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:31
Last Modified: 30 Jun 2022 11:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14987

Actions (login required)

View Item View Item