Nurlyda, Firly Try dan Soro, Slamet (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Berbantu LKPD terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 46 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105071_FIRLY TRY NURLYDA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar matematika dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berbantu LKPD pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 46 Bekasi pada semester 2 tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasy Experimental dengan tipe Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 46 Bekasi pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 60 peserta didik dari kelas VII-1 dan VIII-2. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster sampling. Instrumen penelitian berupa tes obyektif bentuk pilihan ganda terdiri dari 20 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMP Negeri 9 Jakarta dengan 32 peserta didik. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas, kemudian diperoleh data yang berdistribusi normal dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t menghasilkan thitung = 3,3637 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikasi 5% dengan Effect Size sebesar 0,8418 yang tergolong tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berbantu LKPD terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SMP Negeri 46 Bekasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > QA Mathematics Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 05:33 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 05:33 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14943 |
Actions (login required)
View Item |