Analisis Ketertarikan Siswa Terhadap Matematik Melalui Aplikasi “Zenius” Dengan Menggunakan Konsep Technology Acceptance Model (TAM)

Septiani, Addini dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Analisis Ketertarikan Siswa Terhadap Matematik Melalui Aplikasi “Zenius” Dengan Menggunakan Konsep Technology Acceptance Model (TAM). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105055_ADDINI SEPTIANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105055_ADDINI SEPTIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yaitu untuk mengetahui sikap siswa terhadap teknologi yang digunakan. Teknologi yang digunakan siswa untuk belajar matematika adalah aplikasi belajar online yaitu aplikasi Zenius. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara survey kausal. Hasil yang diperoleh disajikan dengan “path analysis” (analisis jalur).
Pada uji validitas, hasil data yang diperoleh dinyatakan valid. Sedangkan untuk hasil uji reliabilitas pada variabel Perceived Ease of Use (PEOU), Perceived Usefulness (PU), Attitude Toward Using (ATU), Behavioral Intention to Use (BITU) dan Actual System Usage (ASU), data yang diperoleh dinyatakan reliabel. Pada pengujian hipotesis terdapat dua variabel tidak adanya pengaruh yaitu pada hipotesis H4 dan hipotesis H5. Hipotesis H4 untuk Perceived Usefulness (PU) terhadap Behavioral Intention to Use (BITU) diperoleh nilai thitung<ttabel, maka dinyatakan tidak adanya pengaruh atau hipotesis ditolak. Sedangkan hipotesis H5 untuk Perceived Ease of Use (PEOU) terhadap Actual System Usage (ASU) diperoleh thitung<ttabel maka dinyatakan tidak adanya pengaruh atau hipotesis ditolak.
Pada uji data path analysis, untuk uji jalur satu yaitu Perceived Ease of Use (PEOU) melalui Behavioral Intention to Use (BITU) terhadap Actual System Usage (ASU) hasil yang diperoleh adalah secara tidak langsung Perceived Ease of Use (PEOU) melalui Behavioral Intention to Use (BITU) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Actual System Usage (ASU). Sedangakan uji jalur dua yaitu Attitude Toward Using (ATU) melalui Behavioral Intention to Use (BITU) terhadap Actual System Usage (ASU) hasil yang diperoleh adalah secara tidak langsung Attitude Toward Using (ATU) melalui Behavioral Intention to Use (BITU) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Actual System Usage (ASU). Dapat disimpulkan bahwa siswa merasakan manfaat yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi Zenius, untuk mempelajari dan memahami pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:33
Last Modified: 25 Jun 2022 05:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14926

Actions (login required)

View Item View Item