Rivai, Muhammad (2017) RANCANG BANGUN ANTENA TV DIPOLE PADA FREKUENSI KERJA 586 MHZ. Bachelor thesis, Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka.
Preview |
Text
digital_7918-eSTE-2017011 Muhammad Rivai.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Antena sebagai pemancar/ penerima sinyal dalam sistem jaringan nirkabel merupakan bagian sangat vital untuk menentukan kualitas sinyal. Pada sistem jaringan televisi pada sisi pengguna televisi (TV) antena berfungsi sebagai penerima. Masalah umum yang timbul pada hasil penerimaan gambar disisi pengguna khususnya perkotaan yaitu gambar yang baik hanya di sebagian channel TV.
Perancangan antena difokuskan untuk wilayah perkotaan, dimana stasiun pemancar tidak terlalu jauh dari pengguna TV. Dengan parameter antena yang menjadi dasar adalah Voltage Standing Wave Rasio (VSWR), return loss, Pola Radiasi, Gain untuk menentukan desain antena yang diinginkan. Frekuensi kerja antena menggunakan frekuensi kerja TV indonesia. Setelah penataan ulang frekuensi TV digital yaitu 478 -694 MHz dengan frekuensi tengah sebagai acuan desain adalah 586 MHz. Dengan konsep antena Dipole yang dimodifikasi desain menjadi menyerupai huruf H.
Hasil simulasi antena menggunakan software pada frekuensi 586 MHz adalah VSWR 1,07, Gain isotropic 2,12 dB dengan pola radiasi melingkar. Pada hasil pengukuran, antena dapat bekerja pada frekuensi 478 – 694 Mhz dengan menggunakan alat ukur network analayzer dan semi anechoic chamber di laboratorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Parameter yang dihasilkan adalah, VSWR 1,54, Return loss -13,5 dB, Gain 0,87 dB dengan pola radiasi melingkar dengan sedikit cekung kedalam di beberapa sisi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Skripsi T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | libft libft libft |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 03:31 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 07:29 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14828 |
Actions (login required)
View Item |