Amalia, Leny dan Kurniasih, Meyta Dwi (2020) Pengaruh Model Challenge Based Learning (CBL) Berbantu Prezi Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Tambun Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105035_LENY AMALIA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Pengaruh Model Challenge Based Learning (CBL) Berbantu Prezi Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negri 3 Tambun Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasi Experimental menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Desain. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tambun Selatan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil secara acak sebanyak 80 siswa yang terdiri dari kelas VIII-8 yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas VIII-6 yang dijadikan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Instrumen terlebih dahulu dilakukan dengan uji validitas di SMP Negri 184 Jakarta. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas dengan uji Lilliefors diperoleh dari kedua data kelas tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas dengan uji Fisher, dapat disimpulkan bahwa varians kedua kelas tersebut temasuk homogen. Setelah itu, uji hipotesis menggunakan uji-t dan Effect Size. Dengan demikian hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh model Challenge Based Learning (CBL) berbantu prezi terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP Negri 3 Tambun Selatan yang tergolong sedang.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > QA Mathematics Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 05:35 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 10:40 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14798 |
Actions (login required)
View Item |