Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Generatif Berbantu Software Cabri 3D di Kelas VIII-C SMPN 24 Jakarta

Octavianti, Laela Rose dan Soro, Slamet (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Generatif Berbantu Software Cabri 3D di Kelas VIII-C SMPN 24 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105028_LAELA ROSE OCTAVIANTI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105028_LAELA ROSE OCTAVIANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran generatif berbantu software Cabri 3D dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas VIII-C SMPN 24 Jakarta. Indikator kemampuan
pemecahan masalah meliputi memahami, merencanakan, melaksanakan dan melihat kembali. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desaian Kemmis dan McTaggart. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 24 Jakarta yang berjumlah 34 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, terlihat dari rata-rata nilai 66,27 pada siklus pertama, 80,09 pada siklus kedua. Serta peningkatan persentase keberhasilan peserta didik berdasarkan kriteria keberhasilan minimum 54,54% pada siklus pertama, 81,25% pada siklus kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif berbantu software Cabri 3D dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas VIII-C SMP Negeri 24 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:35
Last Modified: 30 Jun 2022 10:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14795

Actions (login required)

View Item View Item