Kontribusi Manipulatif Berbasis Aplikasi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa ABK Tunarungu

Rachmania, Risa dan Wahidin, Wahidin (2020) Kontribusi Manipulatif Berbasis Aplikasi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa ABK Tunarungu. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105011_RISA RACHMANIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105011_RISA RACHMANIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi manipulatif berbasis aplikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ABK tunarungu. Manipulatif berbasis aplikasi yang digunakan adalah Shapes 3D Geometry Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika, orang tua, dan siswa ABK tunarungu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kontribusi yang diberikan manipulatif berbasis aplikasi pada indikator mendefinisikan konsep secara tulisan, mengidentifikasi unsur-unsur suatu konsep, mengubah suatu bentuk representasi ke bentuk lain dan mengenal berbagai makna dan interpretasi konsep siswa tunarungu dikategorikan rendah; pada indikator mengaitkan sesuatu dengan hal lainnya dan menyadari proses yang dilakukan siswa tunarungu dikategorikan sedang; dan pada indikator mengidentifikasi contoh dan bukan contoh suatu jaring-jaring kubus dan mempresentasikan suatu konsep dalam bentuk model, diagram dan simbol dikategorikan tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:28
Last Modified: 30 Jun 2022 10:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14776

Actions (login required)

View Item View Item