Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur

Komalasari, Dinda dan Nawawi, Nawawi (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025188_DINDA KOMALASARI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025188_DINDA KOMALASARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca intensif siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode konvensional sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran kooperatif menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SDN Gedong 03 semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen yaitu true experimental dengan desain penelitian Post test- Only Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah kelas IV C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 siswa dan kelas IV D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 siswa. Pada uji validitas menggunakan Korelasi Product Moment sebanyak 10 soal uraian dengan 9 soal valid dan 1 soal invalid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan r11 diperoleh Rhitung = 0,78 > Rtabel = 0,388. Maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan data nilai post test diperoleh hasil rata-rata kelas kontrol 69,83 dan kelas eksperimen 88,041. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan liliefors diperoleh uji normalitas post-test pada kelas eksperimen untuk taraf signifikan a = 0,05 Lhitung = 0,161 dan Ltabel = 0,173. Sedangkan uji normalitas post-test pada kelas kontrol untuk taraf signifikan a = 0,05, diperoleh Lhitung = 0,1304 dan Ltabel = 0,173. Karena Lhitung < Ltabel berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,239 < Ftabel 2,014 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut memiliki varians antar kelas berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung 11,256 dengan Ttabel ada a 0,05 = 2,012 , maka dengan demikian Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SDN Gedong 03 Pagi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:05
Last Modified: 24 Jun 2022 03:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14773

Actions (login required)

View Item View Item