Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis E-learning Melalui Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur

Anisah, Anisah dan Solihati, Nani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis E-learning Melalui Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025175_ANISAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025175_ANISAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Berbasis E-learning Melalui Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur pada semester II 2019/2020. Metode Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksprimen, populasi ini berjumlah 60 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa pada kelas model pembelajaran Berbasis E-learning Melalui Aplikasi Quizizz dan 30 siswa pada kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Berbasis E-learning Melalui Aplikasi Quizizz. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan instrumen tes yang berbentuk soal pilihan ganda dengan pilihan jawaban yang telah diuji dengan melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan dilakukan uji normalitas yang menggunakan uji Liliefors dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher maka data dinyatakan normal dan homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t dan diperoleh thitung = 7,625 dan ttabel = 2,002 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58. thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Berbasis E-learning melalui aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:04
Last Modified: 24 Jun 2022 03:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14760

Actions (login required)

View Item View Item