Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Android Dalam Pembelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Setyawan, Nova dan Yatri, Ika (2020) Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Android Dalam Pembelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025173_NOVA SETYAWAN.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025173_NOVA SETYAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengbangakan Media pembelajaran IPS pada materi Proklamasi Kemerdekaan berbasis Augmented Reality untuk siswa kelas V, serta untuk mengetahui kualitas produk Media pembelajaran IPS pada materi Proklamasi Kemerdekaan berbasis Augmented Reality untuk siswa kelas V yang telah dikembangkan sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau yang biasa disebut dengan Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang diadapatasi, model ini memiliki 5 tahapan yaitu : 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Namun penelitian ini dibatasi sampai tahap ke empat yaitu implementation (implementasi). Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Media Augmented Reality di uji coba kepada siswa kelas V Sekolah Dasar yang berada dilingkungan rumah dengan sampel 20 siswa.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Media Augmented Reality Berbasis Android yang sudah dikembangkan serta sudah di uji cobakan berdasarkan penilaian ahli media pada aspek Tampilan Karakter mendapatkan persentase 87% dengan kategori Sangat Setuju, aspek Tampilan Kartu mendapatkan persetase 95% dengan kategori Sangat Setuju, ,aspek Rekayasa Perangkat Lunak mendapatkan persentase 95% dengan kategori Sangat Setuju, aspek audio mendapatkan persentase 100% dengan kategori Sangat Setuju dan aspek Animasi mendapatkan persentase 85% dengan kategori Sangat Setuju. Sehingga secara keseluruhan penilaian aplikasi yang didapatkan sebesar 92% dengan kategori Sangat Setuju. Penilaian oleh ahli materi dalam aspek Materi mendapatkan persentase 93% dengan kategori Sangat Setuju, aspek Pembelajaran mendapatkan pesentase 93% dengan kategori Sangat Setuju, dan aspek Manfaat mendapatkan persetanse 100% dengan kategori Sangat Setuju. Sehingga mendapatkan penilaian secara keseluruhan 95% dengan kategori Sangat Setuju. Penilaian oleh siswa dalam aspek Tampilan Karakter mendapatkan persentase 92% dengan kategori Sangat Setuju, aspek Tampilan Kartu mendapatkan persentase 94% dengan kategori Sangat Setuju, aspek Pembelajaran mendapatkan persentase 90% dengan kategori Sangat Setuju, dan aspek Manfaat mendapatkan persentase 90% dengan kategori Sangat Setuju. Sehingga mendapatkan penilaian secara keseluruhan sebesar 91% dengan kategori Sangat Setuju. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan Media Augmented Reality Berbasis Android layak digunakan sebagai sumber belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:04
Last Modified: 24 Jun 2022 03:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14756

Actions (login required)

View Item View Item