Muntu, Gerry Adhitya dan ninawati, mimin (2020) Pengembangan Media Puzzle Berbasis Kontekstual Materi Sumber Daya Alam Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN Gedong 03 Pagi Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PGSD_1601025165_GERRY ADHITYA MUNTU.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode 4D dengan empat langkah yaitu: 1) Tahap define (pendefinisian), 2) design (perancangan), 3) development (Pengembangan), 4) disseminate (penyebaran). Tempat penelitian adalah SD Negeri Gedong 03 Pagi Jakarta. Subjek uji coba lapangan awal adalah kelompok kecil 5 siswa dan subjek uji coba kelompok besar 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket tanggapan siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan produk adalah media pembelajaran Puzzle materi sumber daya alam mata pelajaran IPA di kelas V SDN Gedong 03 Pagi Jakarta. Hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 100% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 90% dengan kategori “sangat layak”. Hasil tanggapan siswa berskala besar berdasarkan uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 83.31% yang termasuk kategori “sangat layak” dan tanggapan siswa bersakala kecil berdasarkan uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 86.33% yang termasuk kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil perolehan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kontesktual pada materi sumber daya alam ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 03:03 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 03:03 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14751 |
Actions (login required)
View Item |