Analisis Kecemasan Matematika Peserta Didik Dalam E-Learning Kelas VIII-7 Di SMP Negeri 12 Jakarta Tahun Pelajaran 2019/2020

Pramesti, Titania Dewi dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Analisis Kecemasan Matematika Peserta Didik Dalam E-Learning Kelas VIII-7 Di SMP Negeri 12 Jakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105003_TITANIA DEWI PRAMESTI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_1601105003_TITANIA DEWI PRAMESTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi pada situasi pandemi seperti ini terutama saat mengikuti pelajaran matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kecemasan matematika yang dihadapi oleh peserta didik dalam e-learning. Subjek penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas VIII-7 SMP Negeri 12 Jakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner (angket) dan wawancara terkait kecemasan matematika dalam e-learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 6 peserta didik dalam kategori kecemasan matematika tinggi, 23 peserta didik dalam kategori kecemasan matematika sedang dan 5 peserta didik dalam kategori kecemasan matematika rendah. Faktor yang
mempengaruhi kecemasan matematika pada peserta didik yaitu pada faktor kognitif (berfikir), afektif (sikap/perasaan), psikomotorik (reaksi gerak tubuh) dan somatik (reaksi fisik dan biologis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kecemasan matematika tinggi yang dimil iki peserta didik mereka mengalami semua faktor-faktor tersebut seperti kesulitan; kebingungan; gugup; tertekan; gelisah; cemas; takut tidak dapat memahami materi matematika dalam mengikuti
kegiatan belajar matematika e-learning, merasa tidak efektif jika belajar matematika melalui e-learning, dan menyukai belajar matematika dengan tatap muka di sekolah dibandingkan dengan e-learning berbeda jika dibandingkan dengan dua kategori lainnya yaitu kecemasan matematika sedang dan kecemasan matematika rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:27
Last Modified: 30 Jun 2022 10:20
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14737

Actions (login required)

View Item View Item