Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SDN Utan Kayu Utara 11 Pagi Jakarta Timur

Riana, Christina Novayanti dan Kowiyah, Kowiyah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SDN Utan Kayu Utara 11 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025160_CHRISTINA NOVAYANTI RIANA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025160_CHRISTINA NOVAYANTI RIANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh hasil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Utan Kayu Utara 11 Pagi Jakarta Timur pada semester I tahun ajaran 2020/2021. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 orang siswa dan sampel penelitian ini meliputi 30 siswa yang berasal dari kelas IV di SDN Utan Kayu Utara 11 Pagi Jakarta Timur. Instrumen berupa tes essay sebanyak 7 soal. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability sampling dengan jenis teknik sampel jenuh. Validitas tes dihitung dengan Korelasi Product Moment. Koefisien realibilitas dihitung dengan rumus r11. Uji Normalitas tes menggunakan uji Lilliefors. Berdasarkan Uji Liliefors yang dilakukan terhadap sampel 30 siswa di kelas eksperimen, diperoleh data Pre – Test nilai Lhitung= 0,08067 dan Ltabel= 0,161 dan data Post Test memperoleh nilai Lhitung= 0,15634 dan Ltabel= 0,161 dan jumlah sampel (n) sebanyak 30 siswa dengan taraf signifikan α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan data Pre – Test Lhitung = 0,08067 < Ltabel= 0,161 dan Post – Test nilai Lhitung = 0,15364 < Ltabel= 0,161 yang berarti kedua data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas kelas eksperimen dengan menggunakan Uji Bartlett didapatkan Fhitung = 1,414 dan Ftabel = 4,18, sehingga terlihat bahwa Fhitung = 1,414 < Ftabel = 4,18 yang menyatakan bahwa populasi berasal dari varians yang homogen. Berdasarkan hasil Pre – Test dan Post – Test yang diberikan dapat disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan rata-rata Hasil Uji N – Gain sebesar 0,53. Hasil perhitungan Uji Hipotesis menggunakan Uji-t, diperoleh hasil thitung = - 9,644 > ttabel = -1,6716 ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SDN Utan Kayu Utara 11 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:02
Last Modified: 24 Jun 2022 03:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14734

Actions (login required)

View Item View Item