Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN Pondok Kopi 07 Pagi Jakarta Timur

Noviyanti, Iis dan Zulfadewina, Zulfadewina (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN Pondok Kopi 07 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025159_IIS NOVIYANTI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025159_IIS NOVIYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran VAK pada peserta didik kelas IV SDN Pondok Kopi 07 pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental kategori The Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji
reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung > Rtabel yaitu 0,94 > 0,374, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh kelas kontrol Lo < L1 yaitu 0,109 < 0,161, dan kelas eksperimen Lo<L1 yaitu 0,095 < 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,05 < 1,86, maka dapat
disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh Thitung > ttabel yaitu 2,49 > 2,00. Dengan demikian Ho ditolak Hi diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi peserta didik kelas IV SDN Pondok Kopi 07 Kota Jakarta Timur. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
VAK terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi peserta didik kelas IV SDN Pondok Kopi 07 Kota Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:02
Last Modified: 24 Jun 2022 03:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14730

Actions (login required)

View Item View Item