Tamimah, Salsabila dan Suswandari, Suswandari (2020) Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Sejarah Peminatan Penerbit CV. Mediatama Kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan Silabus Pelajaran Sejarah Tahun Ajaran 2019-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PENDIDIKAN SEJARAH_1601075038_SALSABILA TAMIMAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran Sejarah Peminatan merupakan mata pelajaran baru yang muncul saat Kurikulum 2013 dibuat. Kemudian pada tahun 2017 dilakukan revisi kurikulm 2013 yang juga mempengaruhi materi ajar pada pelajaran. Pada saat ini materi ajar diberikan dari pemerintah. Buku teks pelajaran sebagai salah satu media pembelajaran utama yang digunakan dalam pembelajaran. Namun peneliti menemukan bahwa sekolah cukup sulit mengganti buku pelajaran yang sesuai dengan silabus yang ada. Oleh karenanya penelitian ini dimaksudkan untuk menanalisa kesesuaian isi buku teks Pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI Penerbit CV. Mediatama Kurikulum 2013 revisi 2017 dengan Silabus Pelajaran Sejarah Peminatan tahun ajaran 2019-2020. Riset ini bertujuan untuk (1) mengetahui kedudukan pelajaran Sejarah pada Kurikulum 2013, (2) buku teks Pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI Penerbit CV. Mediatama Kurikulum 2013 revisi 2017, (3) mengetahui isi kesesuaian antara isi buku teks Pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI Penerbit CV. Mediatama Kurikulum 2013 revisi 2017 dengan Silabus Pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI tahun ajaran 2019-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten yang dikembangkan oleh Krippendorff. Dengan analisis konten ini peneliti melakukan analisis terhadap silabus Pelajaran Sejarah Peminatan Tahun ajaran 2019-2020 dengan buku teks Pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI Penerbit CV. Mediatama Kurikulum 2013 revisi 2017. Hasil penelitian menjelaskan (1 )pelajaran Sejarah Peminatan berkedudukan sebagai pelajaran peminatan dan lintas minat, (2) penyusunan isi buku teks Pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI Penerbit CV. Mediatama Kurikulum 2013 revisi 2017 sudah menjalankan 4 bagan teori kognitif Gagne dan teori Taksonomi Bloom, (3) berdasarkan penilaian menggunakan stnadar BSNP buku teks ini sudah sesuai dengan silabus pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI tahun ajaran 2019-2020, (4) penilaian buku teks ini sesuai penulisan buku teks Sejarah menurut Kartodirdjo memenuhi konsep keberagaman dan integrasi nasional namun tidak dengan pendekatannya dan (5) rujukan sumber dalam buku ini sangat sedikit dan sebagian tidak terdaftar pada daftar isi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 02:43 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 03:58 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14710 |
Actions (login required)
View Item |