Analisis Metode Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV Di SDN Duri Kosambi 01 Jakarta Barat

Jayanti, Fitria dan Baadilla, Irwan (2020) Analisis Metode Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV Di SDN Duri Kosambi 01 Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025140_FITRIA JAYANTI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025140_FITRIA JAYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui metode mengajar yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia (2) mengetahui hubungan metode mengajar yang digunakan dengan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif analis. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi pada guru kelas IV. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisis data terdiri atas pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SDN Duri Kosambi 01 Jakarta Barat kelas IV Semester II Tahun Ajaran 2019/2020. Responden penelitian meliputi 5 guru di SDN Duri Kosambi 01 Jakarta Barat dengan menyebar angket kepada guru dan mendokumentasikan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mengajar yang digunakan guru terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV menggunakan metode modern yaitu diskusi dan tanya jawab pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan mempengaruhi nilai hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:45
Last Modified: 24 Jun 2022 02:45
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14673

Actions (login required)

View Item View Item