Pengaruh Model Cooperative Learninng Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas IV SDN Harapan Mulya II

Rahmi, Nily dan Qura, Ummul (2020) Pengaruh Model Cooperative Learninng Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas IV SDN Harapan Mulya II. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025126_NILY RAHMI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025126_NILY RAHMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemampuan Berbicara peserta didik dengan menggunakan model cooperative learninng Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas IV SDN Harapan Mulya II pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Uji Validitas Menggunakan validitas konstrak ( Construct Validity ). Untuk menguji validitas konstrak dapat digunakan pendapat ahli ( Judgement expert ) Validitas ini dilakukan setela instrumen dikonstruksi tentang aspek-aspek yang diukur dengan berdasarkan teori tertentu, maka selanjutnya dikonsutasikan dengan ahli. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Kontrol Lo < Lt yaitu 0,1212 < 0,1809, dan Kelas Eksperimen Lo < Lt yaitu 0,1352 < 0,1738, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,236 < 1,996, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,249 > 2,101. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh Pengaruh Model Cooperative Learninng Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas IV SDN harapan mulya II bekasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pengaruh Model Cooperative Learninng Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas IV SDN harapan mulya II bekasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:43
Last Modified: 24 Jun 2022 02:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14664

Actions (login required)

View Item View Item