Upaya Meningkatkan Pemahaman konsep Matematis Siswa Kelas II Melalui Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Di SDN Cilangkap 2 Kota Depok.

Fadilah, Nor Ilmi dan Wahidin, Wahidin (2020) Upaya Meningkatkan Pemahaman konsep Matematis Siswa Kelas II Melalui Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Di SDN Cilangkap 2 Kota Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025099_NOR ILMI FADILAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025099_NOR ILMI FADILAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar materi Pecahan dengan menggunakan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) matematika pada siswa kelas II SDN Cilangkap 2. Penelitian ini dilakukan di SDN Cilangkap 2 Kota Depok. Di dalam penelitian ini terdapat subjek yaitu seluruh siswa kelas II A yang terdiri dari 31 siswa dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan tes, lembar observasi guru dan siswa, lembar aktifitas siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memahami pelajaran Pecahan menggunakan pendekatan CPA. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II masing-masing siklus terdiri 3 pertemuan. Dan disetiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada perolehan evaluasi siklus I siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 21 siswa, dengan persentase 67,7 %, sedangkan pada siklus II siswa yang belum mencapai KKM 4 siswa, dengan persentase 12,9%. sedangkan pada siklus II siswa yang sudah mencapai KKM 27 siswa, dengan persentase 87%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Matematika sangat bermanfaat pada pembelajaran Matematika, dari setiap siklus telah mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu. Dari hasil pelaksanaan tindakan kelas melalui siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pendekatan CPA pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan pemahaman dalam belajar Matematika pada materi Pecahan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:32
Last Modified: 24 Jun 2022 02:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14618

Actions (login required)

View Item View Item