Pengaruh Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Balaraja 1 Kabupaten Tangerang

Ardiningrum, Artanti dan Nurwahyuni, Nurwahyuni (2020) Pengaruh Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Balaraja 1 Kabupaten Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025070_ARTANTI ARDININGRUM.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025070_ARTANTI ARDININGRUM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Matematika dengan menggunakan media crossword puzzle pada siswa kelas IV SDN Balaraja 1 Kabupaten Tangerang pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian
ini berjumlah 85 siswa, dengan sampel yang diteliti sebanyak 28 siswa kelas IV B (kelas eksperimen) dan 29 siswa kelas IV C (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen hasil belajar
siswa menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Instrumen terlebih dahulu dilakukan uji coba kepada 30 siswa di SDN Saga VI. Uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 30 soal pilihan ganda dengan 19 soal valid dan 11 drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung = 0,8806 > Rtabel = 0,361, maka data tersebut dinyatakan reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan, yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung 0,1474 < Ltabel 0,161, maka disimpulkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung 0,159 < Ltabel 0,161, maka disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,269 < Ftabel 1,88, maka disimpulkan bahwa sampel data tersebut homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 3,411 > 2,0053, maka disimpulkan Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh media crossword puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Balaraja 1 Kabupaten Tangerang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:28
Last Modified: 24 Jun 2022 02:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14591

Actions (login required)

View Item View Item