Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Pembelajaran Daring Fase Pandemi Covid-19 Siswa Kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta

Pratiwi, Nita Novia dan Nurmawati, Nurmawati (2020) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Pembelajaran Daring Fase Pandemi Covid-19 Siswa Kelas XI SMK Negeri 58 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1601015008_NITHA NOVIA PRATIWI.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1601015008_NITHA NOVIA PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang dari penelitian ini adalah karena fenomena pandemi yang mengaharuskan pelajar untuk diserempakkan belajar secara online atau menggunakan metode daring, sehingga penulis ingin melihat apakah motivasi belajar yang mereka miliki juga akan terpengaruh dari adanya pembelajaran melalui daring. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring selama masa pandemi pada siswa SMK Negeri 58 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Pearson Product Moment sebanyak 68 soal pilihan ganda dengan 52 soal valid dan 16 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach memperoleh alfa cronbach sebesar 0,780 > 0,060 pada variable X dan 0,912 > 0,060 pada variable Y dan hasilnya dikatakan reliabel, lalu data dianalisis uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov. Berdasarkan hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,767 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Pada uji linearitas diuji menggunakan uji linearitas Cronbach Alpha dan mendapatkan hasil nilai Sig. deviation from linearity sebesar 0.476 > 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linear antara motivasi belajar dengan pembelajaran daring. Pada uji hipotesis menggunakan uji Regresi Linear Sederhana ditemukan hasil nilai thitung sebesar 7.120 > ttabel 2.2937, sehingga dapat disimpulkan bahwa variable Motivasi Belajar (X) berpengaruh terhadap variable daring (Y). Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, kedua variable ini sangat berpengaruh satu sama lain, di mana motivasi belajar siswa akan semakin tinggi jika pembelajaran daringnya bisa dilakukan secara optimal oleh guru dan siswa, interaksi antara guru dan siswa harus dapat dirasakan satu sama lain seperti halnya belajar offline, sebab ketidakpahaman materi yang dirasakan siswa akan berdampak pada minat belajar siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14297

Actions (login required)

View Item View Item