Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Konsep Diri Peserta Didik Kelas V Di SDN Ciracas 13 Jakarta Timur

Rahmayani, Novia dan Muhib, Rosyidi (2020) Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Konsep Diri Peserta Didik Kelas V Di SDN Ciracas 13 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025054_NOVIA RAHMAYANI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025054_NOVIA RAHMAYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan konsep diri peserta didik kelas V di SDN Ciracas 13 Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode observasi. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling.
Instrumen yang digunakan berupa angket sebanyak 80 butir pernyataan yang terdiri dari 40 butir pernyataan ekstrakurikuler pramuka dan 40 butir pernyataan konsep diri. 60 butir pernyataan ekstrakurikuler pramuka dan konsep diri dinyatakan valid dan 20 butir pernyataan ekstrakurikuler pramuka dan konsep diri dinyatakan tidak valid. Reliabilitas untuk angket ekstrakurikuler pramuka memperoleh nilai sebesar 0,937 dan konsep diri memperoleh nilai sebesar 0,943, dan kedua data variabel tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan konsep diri peserta didik. Dapat dilihat dari hasil koefisien korelasi (R) memperoleh sebesar 0,548 dan koefisien determinasi (R2) memperoleh sebesar 0,300. Nilai sebesar 4,443, sebesar 2,021 dan signifikansi 0,000. Karena nilai 4,443 > 2,021 dan 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan konsep diri peserta didik kelas V di SDN Ciracas 13 Jakarta Timur dan variabel ekstrakurikuler pramuka memberikan kontribusi dalam memunculkan konsep diri sebesar 30% yang merupakan presentasi tertinggi, dimana 70% dipengaruhi dari berbagai faktor lain seperti sikap kepemimpinan, prestasi belajar, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 07 May 2022 02:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item View Item