Larasati, Duwi dan Rahmayanti, Indah (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PBSI_1601045036_DUWI LARASATI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap keterampilan meulis puisi siswa SMA Negeri 3 Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan design Posttest-Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling.
Uji normalitas hasil tes menggunakan liliefors. Pada kelas eksperimen Lhitung 0,079 < Ltabel 0,161 sedangkan pada kelas kontrol Lhitung 0,126 < Ltabel 0,161. Maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya tes di uji homogenitasnya dengan menggunakan Fisher. Data yang diperoleh Fhitung 1,64 < Ftabel 1,84 dengn taraf signifikan α 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung sebesar = 2,495404 > ttabel 2,00712 dengan taraf signifikan α 0,05. Maka dengan demikian H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap keterampilan menulis puisi kelas X SMA Negeri 3 Tangerang. Selanjutnya penghitungan effect size diperoleh 0,621237 hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap kemampuan menulis puisi memiliki pengaruh yang baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Date Deposited: | 07 May 2022 02:34 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 10:46 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14194 |
Actions (login required)
View Item |