Nilai Semantik Lirik Lagu Fiersa Besari Dalam Album Konspirasi Alam Semesta dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMP

Febrilian, Balqisva Raudya Tuzzahra dan Hikmat, Ade (2020) Nilai Semantik Lirik Lagu Fiersa Besari Dalam Album Konspirasi Alam Semesta dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMP. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045110_BALQISVA RAUDYA TUZZAHRA FEBRILIAN.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045110_BALQISVA RAUDYA TUZZAHRA FEBRILIAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menenmukan makna yang terdapat pada lirik lagu Konspirasi Alam Semesta karya Fiersa Besari yang dikaji menggunakan makna semantik. Jenis makna tersebut berfokus pada empat makna yaitu makna konseptual, makna asosiatif, makna idiomatikal dan makna kias. Penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskripsikan data, ini bertujuan untuk mempermudah dalam pengumpulan data dalam kajian semantik. Peneliti menemukan jenis-jenis makna yaitu makna konseptual yang mempunyai makna sebenarnya sebanyak 53 data. Makna asosiatif yang merupakan makna yang bukan sebenarnya atau makna yang ditambahkan sebanyak 11 data. Makna idiomatikal merupakan makna tidak bisa diramalkan sebanyak 10 data. Makna kias merupakan makna tersembunyi sebanyak 82 data. Hasil penelitian ini juga akan di implikasikan dalam pembelajaran sastra di SMP, dalam penggunaan rancangan pelaksanaan pembelajaran di SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:42
Last Modified: 28 Jun 2022 07:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14138

Actions (login required)

View Item View Item