Analisis Semantik dalam lirik lagu Tulus dalam Album Monokrom dan Implikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Rahmawati, Tanti Munawar dan Suyatno, Suyatno (2020) Analisis Semantik dalam lirik lagu Tulus dalam Album Monokrom dan Implikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045098_TANTI MUNAWAR RAHMAWATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045098_TANTI MUNAWAR RAHMAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna-makna yang terdapat dalam lirik lagu Tulus dalam album Monokrom. Lagu ini menjadi salah satu sarana untuk menghibur, juga terdapat berbagai ragam makna yang ada didalamnya serta mendeskripsikan implikasi lagu dalam lirik album monokrom karya Tulus terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Pemilihan lirik lagu Tulus album monokrom bahwa didalam lirik lagu ini terdapat makna konseptual dan makna asosiatif, makna denotatif dan makna konotatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Album Monokrom karya Tulus. Teknik pengumpulan data yang digunakan simak dan catat. Data penelitian ini berupa mencari makna yang terdapat pada lirik-lirik lagu Tulus dalam Album Monokrom.
Hasil penelitian yang diajukan bahwa dalam album Monokrom karya Tulus terdiri dari sepuluh lagu. Dalam sepuluh lirik lagu ini memiliki 42 makna konseptual dan makna denotatif karena menggambarkan pemaknaan tentang kehidupan dalam sehari-hari yang meliputi kebahagiaan, kesedihan, dan impiannya. Makna asosiatif terdapat dalam album monokrom pada lagu monokrom, manusia kuat, tergila-gila, dan langit abu-abu menggambarkan tentang lambang keburukan dan kesedihan yang pernah dilewati. Makna konotatif terdapat dalam album monokrom pada lagu manusia kuat, cahaya, dan lekas terdapat makna kias atau bisa juga disebut makna yang bukan sebenarnya. Analisis makna dalam lirik lagu ini ada kaitannya dengan implikasi pembelajaran di SMA kelas X semester 2 KD 3.16 tentang mengidentifikasi makna beberapa puisi yang terkandung dalam kumpulan karya tulis yang di perdengarkan atau di baca. Saran dalam penelitian ini adalah peserta didik dapat mengkaji makna-makna yang terdapat dalam album Monokrom karya Tulus serta diharapkan untuk siswa di SMA dapat mempelajari dan meningkatkan keterampilan mengenai makna-makna yang terdapat pada lagu Tulus. Dengan demikian siswa dapat menjadikan sastra ini sebagai bahan dalam pembelajaran yang lebih kreatif dan variatif agar tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:40
Last Modified: 27 Jun 2022 08:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14129

Actions (login required)

View Item View Item