Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Dongeng Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara

Anelia, Dea Rizkika dan yamin, yamin (2020) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Dongeng Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025040_DEA RIZKIKA ANELIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025040_DEA RIZKIKA ANELIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Rendahnya hasil belajar pada materi dongeng di kelas III SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara yang disebabkan oleh Stretegi pembelajaran yang digunakan pendidik selama ini kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap pembelajaran dongeng pada peserta didik kelas 3 SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group PreTest-Posttest design. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling.
Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 30 Soal pilihan ganda dengan hasil 25 soal valid dan 5 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,81 > 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji prasyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors diperoleh Pre-Test Lo < Lt yaitu 0,134 < 0,161, dan Post-Test Lo < Lt yaitu 0,150 < 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,52 < 1,86, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 23,95 > 2,045. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN Penjaringan 06 Jakarta Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:13
Last Modified: 17 Jun 2022 03:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14126

Actions (login required)

View Item View Item