Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang KPK dan FPB Menggunakan Media Dakon Kelas IV SDIT Al Kahfi Jakarta

Murni, Jamas Sari dan Kasriman, Kasriman (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang KPK dan FPB Menggunakan Media Dakon Kelas IV SDIT Al Kahfi Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025033_JAMAS SARI MURNI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025033_JAMAS SARI MURNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi KPK dan FPB dengan menggunakan media dakon matematika pada siswa kelas IV SDIT Al Kahfi Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SDIT Al Kahfi Jakarta. Di dalam penelitian ini terdapat subjek yaitu seluruh siswa kelas IV Ustman yang terdiri dari 25 siswa dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan tes formatif, lembar observasi guru dan siswa, lembar aktifitas siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memahami KPK dan FPB menggunakan media dakon. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II masing-masing siklus terdiri 2 pertemuan. Dan disetiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Pada perolehan evaluasi siklus I siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 15 siswa, dengan persentase 60%, sedangkan pada siklus II siswa yang belum mencapai KKM berkurang menjadi 4 siswa, dengan persentase 16%. Dan pada siklus I siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 10 siswa, dengan persentase 40%, sedangkan pada siklus II siswa yang sudah mencapai KKM 21 siswa, dengan persentase 84%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan media dakon Matematika bermanfaat pada pembelajaran Matematika, dari setiap siklus telah mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 70.8 dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 77.9. Dari hasil pelaksanaan tindakan kelas melalui siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan media dakon pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi KPK dan FPB dengan menggunakan media dakon di kelas IV SDIT Al Kahfi Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:13
Last Modified: 17 Jun 2022 03:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14120

Actions (login required)

View Item View Item