Penanaman Nilai-Nilai Karakter Disiplin Pada Siswa SDN 2 Lepar Pongok

Pipin, Pipin dan Ahmad, Mubarak (2020) Penanaman Nilai-Nilai Karakter Disiplin Pada Siswa SDN 2 Lepar Pongok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025015_PIPIN.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025015_PIPIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Upaya guru dalam melaksanakan penanamkan nilai karakter disiplin pada siswa kelas III melalui pembelajaran di SDN 2 Lepar Pongok, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai karakter disiplin pada siswa kelas III SDN 2 Lepar Pongok. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknia analisis yang digunakan penelitian ini adalah (1) Data reduction (reduksi data), (2) Data display (Penyajian Data), (3) Conclusion drawing/vervication (Pengambilan Kesimpulan dan Vertifikasi Data). Pemeriksaan keabsahan data dalam penetian ini adalah tringulasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa upaya guru dalam melaksanakan penanaman nilai-nilai karakter disiplin ada empat cara yang bisa dilakukan , yaitu Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa upaya guru dalam melaksanakan penanaman nilai-nilai karakter disiplin ada empat cara yang bisa dilakukan , yaitu 1) Penanaman nilai-nilai karakter disiplin siswa melalui pembiasaan, 2) Penanaman nilai-nilai karakter disiplin siswa melalui pembelajaran, 3) Memberikan apresiasi kepada siswa yang disiplin, 3) Memberikan sanksi secara adil bagi siswa yang melanggar aturan/tata tertib.
Adapun faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai karakter disiplin siswa, yaitu 1) Suasana belajar yang kondusif, 2) regulasi dari dinas pendidikan yang mengatur dalam peraturan kedisiplinan, 3) bekerja sama dengan komite-komite sekolah. Sedangkan faktor penghambat penanaman nilai-nilai karakter disiplin siswa, yaitu, 1) lingkugan belajar kurang kondusif, 2) kurangnya perhatian orang tua, 3) sarana dan prasarana kurang memadai.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:13
Last Modified: 17 Jun 2022 03:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14113

Actions (login required)

View Item View Item