Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ciracas 07 Pagi Jakarta Timur

Sulistiyowati, Niken Ajeng dan yamin, yamin (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ciracas 07 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025012_NIKEN AJENG SULISTIYOWATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025012_NIKEN AJENG SULISTIYOWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis metode Montessori terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Ciracas 07 Pagi. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen.Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental design dengan rancangan yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Ciracas 07 Pagi dan sampel penelitin adalah 30 siswa. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 20 soal Pre-Test dan 20 soal Post-Test yang telah diuji validas. Dan telah diuji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,81 > 0,374, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors diperoleh Pre-Test LO < Lt yaitu 0,081 < 0,161 , dan Post-Test LO < Lt yaitu 0,123 < 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data distribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,27 < 1,86, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 24,54 > 2,045. Dengan demikian Ho di tolak dan HI diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulakan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis metode Montessori memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Ciracas 07 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 17 Jun 2022 03:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item View Item