Pengaruh Media Pembelajaran Koran Kompas Terhadap Keterampilan Menulis Teks Argumentasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Cijati

Rizki, Sri Dewi dan Ibrahim, Nini (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Koran Kompas Terhadap Keterampilan Menulis Teks Argumentasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Cijati. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045070_SRI DEWI RIZKI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045070_SRI DEWI RIZKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh media pembelajaran koran kompas terhadap keterampilan menulis argumentasi, (2) untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik tes, yaitu berupa tes menulis teks argumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pada kelas kontrol nilai-rata rata pretest sebesar 62,64 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 73,28 artinya nilai rata-rata kelas kontrol masih lebih rendah dibanding kelas eksperimen. (2) pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 66,60 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 82,84 artinya nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 82,84 > 73,28. (3) hasil uji paired sample t-test dan uji indefendent sample t-test yaitu sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya penggunaan tajuk rencana koran kompas berpengaruh terhadap keterampilan menulis argumentasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 24 Jun 2022 04:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item View Item