Nilai Moral Dalam Kumpulan Dongeng Pada Akun Instagram Rumah Dongeng Mentari serta Implementasi Terhadap Pembelajaran Sastra Indonesia dI SMA

Pratiwi, Rina dan Yamin, Yamin (2020) Nilai Moral Dalam Kumpulan Dongeng Pada Akun Instagram Rumah Dongeng Mentari serta Implementasi Terhadap Pembelajaran Sastra Indonesia dI SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045067_RINA PRATIWI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045067_RINA PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai moral yang terdapat dalam kumpulan dongeng pada akun Instagram “Rumah Dongeng Mentari”. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan motede penelitian deskriptif kualitatif. Adapun proses analisis data yang dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan untuk menganalisis jenis-jenis nilai moral adalah teori yang dikemukakan oleh Burhan Nurgiantoro. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kumpulan dongeng terdapat nilai moral hubungan antara manusia dan Tuhan, nilai moral hubungan antara manusia dan diri sendiri, nilai moral hubungan antara manusia dan manusia lain dalam lingkup sosial dan alam. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa nilai moral yang terdapat dalam kumpulan dongeng pada akun Instagram “Rumah Dongeng Mentari” berjumlah 12 data. nilai moral hubungan antara manusia dengan Tuhan berjumlah 2 data, nilai moral hubungan manusia dengan dirinya sendiri 8 data, dan nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial dan alam 2 data. Bentuk penyampaian nilai moral memiliki dua spesifikasi, yakni bentuk penyampaian secara langsung dan tak langsung. Bentuk penyampaian secara langsung memiliki dua bentuk penyampaian, yaitu melalui pengarang dan uraian tokoh, sedangkan bentuk penyampaian secara tak langsung memiliki bentuk penyampaian yang berupa peristiwa dan konflik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 25 Jun 2022 11:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14100

Actions (login required)

View Item View Item