Analisis Nilai Historis Novel Sebentang Kearifan Dari Barat Karya Oki Setiana Dewi Dan Implikasi Materi Teks Cerita Sejarah Kelas XII DI SMA

Mardhotillah, Amelia dan Nawawi, Nawawi (2020) Analisis Nilai Historis Novel Sebentang Kearifan Dari Barat Karya Oki Setiana Dewi Dan Implikasi Materi Teks Cerita Sejarah Kelas XII DI SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1601045053_AMELIA MARDHOTILLAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1601045053_AMELIA MARDHOTILLAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sejarah Islam di Barat ketika penulis berkunjung ketiga negara yakni Australia, Jerman, dan Spanyol yang memiliki peranan penting pada Islam. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai historis yang ada di dalam novel Sebentang Kearifan Dari Barat Karya Oki Setiana Dewi. Jenis penelitian yang
digunakan adalah kualitatif. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yakni metode kualitatif. Data penelitian ini kata, kalimat, dan paragraf yang terdapat dalam novel. Sumber data yang digunakan yaitu novel Sebentang Kearifan Dari Barat Karya Oki Setiana Dewi dan jurnal, artikel ilmiah dan buku yang mengenai nilai historis. Novel ini terdiri atas 238 halaman, yang diterbitkan oleh PT Mizania Pustaka yang terbit pada bulan Mei 2018. Keakuratan data menggunakan teknik tringulasi atau teknik pemeriksaan keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Sebentang Kearifan Dari Barat Karya Oki Setiana Dewi terdapat nilai historis yang diklasifikasikan yakni nilai keilmuan, nilai informatif, nilai pendidikan, nilai etika, nilai budaya, nilai politik, nilai nasionalisme, nilai internasional, nilai kerja, dan nilai kependidikan. Penelitian mengenai nilai historis dalam novel Sebentang Kearifan Dari Barat karya Oki Setiana Dewi ini dapat diimplikasikan terhadap materi teks cerita sejarah dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XII di SMA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:12
Last Modified: 28 Jun 2022 08:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14090

Actions (login required)

View Item View Item