Pengaruh Metode Pembelajaran Role Play Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kembangan Utara 01 Pagi Kota Jakarta Barat

Meilitami, Cessarina dan Qodariah, Lelly dan IYatri, Ika (2022) Pengaruh Metode Pembelajaran Role Play Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kembangan Utara 01 Pagi Kota Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1501025074_CESSARINA MEILITAMI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1501025074_CESSARINA MEILITAMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Cessarina Meilitami: 1501025074.”Pengaruh Metode Pembelajaran Role Play
Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kembangan Utara 01 Pagi Kota
Jakarta Barat”. Skripsi. Jakarta: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA,
2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran Role Play pada
Siswa kelas IV SDN Kembangan Utara 01 Pagi pada semester 1 tahun ajaran
2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
kuantitatif dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Sampel yang
digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus
Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 31 soal valid
dan 9 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh
rhitung > rtabel yaitu 0,032 > 0,349, maka data tersebut memiliki instrumen yang
reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan
menggunakan uji Liliefors diperoleh Post-test (Kelas Eksperimen) Lo < Lt yaitu
0,062 < 0,161, dan Post-test(Kelas Kontrol) Lo < Lt yaitu 0,023 < 0,161, maka
dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji
homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,375
< 1,861, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data
varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test
diperoleh thitung > ttabel yaitu 88,35 > 2,00. Dengan demikian Ho di tolak dan H1
diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran
brainstorming terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SDN Kembangan Utara
01 Pagi Kota Jakarta Barat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat
pengaruh metode pembelajaran Role Play terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas
IV SDN Kembangan Utara 01 Pagi Kota Jakarta Barat.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Role Play, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guru Sekolah Dasar
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:11
Last Modified: 11 Jun 2022 07:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item View Item