Nilai Sosial dalam Naskah Bulan dan Kerupuk Karya Yusef Muldiyana Serta Implikasi Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA

Ramadhania, Ari Triana dan Amalia, Nur dan Rahmayanti, Indah (2020) Nilai Sosial dalam Naskah Bulan dan Kerupuk Karya Yusef Muldiyana Serta Implikasi Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PBSI_1501045005_ARI TRIANA RAMADHANNIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PBSI_1501045005_ARI TRIANA RAMADHANNIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sosial pada naskah drama Bulan dan Kerupuk. Pada skripsi ini, peneliti menggunakan teknik analisis isi atau deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif merupakan data kualitatif yang berbentuk kata, skema, dan gambar. Adapun proses analisis data yang dilakukan dengan cara membaca, menandai dan menggolongkan nilai-nilai sosial yang ada di dalam
naskah drama Bulan dan Kerupuk Karya Yusef Muldiyana. Serta mengambil secara acak dan memasukkan data yang telah ditemukan ke dalam tabel analisis yang sudah dibuat.
Berdasarkan analisis data pada naskah drama Bulan dan Kerupuk Karya Yusef Muldiyana diketahui bahwa banyak mengandung nilai sosial seperti, Nilai Material, Nilai Vital, Nilai Kerohanian. Salah satu penemuan nilai yang paling banyak yaitu nilai kerohanian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:07
Last Modified: 25 Jun 2022 09:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14028

Actions (login required)

View Item View Item