Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Media Pembelajaran Berbantuan Komputer

MasriAzhar, Ristianti Azharita (2015) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Media Pembelajaran Berbantuan Komputer. Masters thesis, Universitas Islam Jakarta.

[thumbnail of Tesis Magister Pendidikan Islam Universitas Islam Jakarta]
Preview
Text (Tesis Magister Pendidikan Islam Universitas Islam Jakarta)
TESIS PDF RISTIANTI AZHARITA.pdf - Updated Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer pada siswa kelas XI – AB SMK Analis Kesehatan Tunas Medika Jakarta Timur tahunpelajaran 2014/2015
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas XI – AB SMK Analis Kesehatan Tunas Medika Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2014/2015, dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih rendah. Melalui media pembelajaran berbantuan computer dengan program Power Point permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan.
Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada tahap observasi, peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer dengan program Power Point (PPt).
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil dari pra tindakan menunjukkan terdapat 20 siswa yang belum memenuhi KKM atau sekitar 76.92% dan 6 siswa yang sudah memenuhi KKM atau sekitar 23.08%. Rata-rata hasil belajar pada pra tindakan adalah 50.25. Rata-rata hasil belajar pada pra tindakan sebesar 50.25 meningkat menjadi 68.5 pada siklus I atau mengalami peningkatan sebesar 36.32% dan rata-rata hasil belajar pada siklus II adalah 76 atau mengalami peningkatan sebesar 10.95% dari siklus I.

Kata kunci: Media pembelajaran berbantuan komputer, Power Point (PPt).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Farmasi dan Sains > Farmasi
Depositing User: Zuhratul Aini Mansur
Date Deposited: 16 Feb 2022 11:12
Last Modified: 16 Feb 2022 11:12
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/13037

Actions (login required)

View Item View Item