Laporan Penelitian "Penggunaan Learning Management System (Moodle) dalam Pengajaran Grammar Bahasa Inggris Mahasiswa"

Komara, Cahya (2020) Laporan Penelitian "Penggunaan Learning Management System (Moodle) dalam Pengajaran Grammar Bahasa Inggris Mahasiswa". UHAMKA, FKIP UHAMKA.

[thumbnail of Laporan Penelitian Batch 2 2019-2020]
Preview
Text (Laporan Penelitian Batch 2 2019-2020)
Laporan Penelitian Moodle 100% (Cahya K).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://simakip.uhamka.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mencoba mengungkap dampak penggunaan salah satu jenis Learning Management System yaitu Moodle yang dipandang mampu membantu pemelajar atau mahasiswa dalam menguasai konsep pembelajaran grammar bahasa Inggris khususnya dimasa pandemi ini. Seperti kita ketahui, pengajaran dan pembelajaran grammar bahasa Inggris yang biasanya dilakukan dengan sistem klasik atau face-to-face learning, sekarang berubah menjadi sistem daring atau online dengan perangkat yang digunakan salah satunya adalah Learning Management System berbasis Moodle. Oleh karena itu, penelitian ini fokus mempertanyakan; Apakah platform Learning Management System (Moodle) yang digunakan oleh pengajar efektif dan signifikan dalam meningkatkan kemampuan grammar bahasa Inggris pemelajar atau mahasiswa? Untuk dapat menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penelitian ini berorientasi pada jenis kuantitatif melalui penerapan desain pre eksperimen berskala kecil. Alasannya, untuk memudahkan pengajar dan pemelajar melakukan proses pembelajaran seperti di kelas sesungguhnya secara komprehensif tanpa khawatir akan batasan ruang dan waktu dan penelitian ekseprimen dapat dilakukan dengan terkendali. Maka, peneliti memilih secara purposive 1 kelas A sebagai kelas eksperimen yang berisikan 32 mahasiswa. Dari hasil uji-t diperoleh angka sebesar 7.20 untuk t-hitung atau t-observasi sementara untuk t-tabel sebsear 1.70 (7.20 > 1.70). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Learning Management System (Moodle) efektif dalam meningkatkan kemampuan grammar bahasa Inggris mahasiswa. Peneliti menyakini bahwa penggunaan LMS Moodle secara daring dimasa pandemi ini tidak kalah baiknya dengan model pembelajaran langsung atau face-to-face learning yang biasa dilakukan mahasiswa.

Item Type: Other
Subjects: L Education
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Cahya Komara
Date Deposited: 11 Jan 2022 15:51
Last Modified: 11 Jan 2022 15:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12444

Actions (login required)

View Item View Item