Laporan Penelitian "Analisis Persepsi Pemelajar Bahasa Inggris di Indonesia tentang Pembelajaran Grammar Bahasa Inggris"

Komara, Cahya dan Tiarsiwi, Fidaniar (2020) Laporan Penelitian "Analisis Persepsi Pemelajar Bahasa Inggris di Indonesia tentang Pembelajaran Grammar Bahasa Inggris". UHAMKA, FKIP UHAMKA.

[thumbnail of Laporan Penelitian Batch 1 2019-2020]
Preview
Other (Laporan Penelitian Batch 1 2019-2020)
Laporan Penelitian 100% Persepsi Grammar Batch 1 2019-2020 (Cahya K & Fidaniar T).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://simakip.uhamka.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengangkat isu utama yang dihadapi pemelajar bahasa Inggris di Indonesia (EFL Learners) yaitu terkait pembelajaran grammar (tata bahasa) bahasa Inggris yang selalu menjadi momok atau permasalahan bagi kesuksesan penguasaan bahasa Inggris pemelajar. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk dapat mengungkap persepsi (perception) dari pemelajar bahasa Inggris di Indonesia tentang grammar, seperti mengapa grammar sulit untuk dikuasai pemelajar, apa saja yang menjadi kendala pemelajar dalam mengusai grammar, dan bentuk pembelajaran grammar seperti apa yang ideal bagi pemelajar. Untuk tercapainya tujuan penelitian yang sudah direncanakan, maka metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka. Adapun jumlah partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berkisar antara 500 pemelajar bahasa Inggris di Indonesia dari level Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi. Hasil kuesioner mengungkap temuan nyata bahwa siswa memandang grammar sulit untuk dikuasai dengan kendala yang dihadapi antara lain materi grammar yang sangat banyak dan menyulitkan (khususnya Tenses), kurang jelasnya pengajaran (explanation) oleh guru, metode atau media yang tidak variatif dipakai guru saat mengajar dikelas, dan buku-buku bahasa Inggris yang tidak cukup jelas (explicit) dalam hal isi materi maupun instruksi tentang grammar. Pemelajar memberikan respon bervariasi terkait bentuk ideal pembelajaran grammar bahasa Inggris, seperti pemelajar menyukai metode atau media yang tidak konvensional, mereka menyukai belajar grup dan diskusi, namun respon pemelajar Indonesia dominan tertarik belajar grammar bahasa Inggris dengan media berbasis teknologi komputer/online/aplikasi ataupun melalui mobile phone.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Cahya Komara
Date Deposited: 11 Jan 2022 15:51
Last Modified: 11 Jan 2022 15:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12443

Actions (login required)

View Item View Item